24 Agustus 2016 13:05:21
Ditulis oleh Admin Desa

Dukung Tuban Sebagai Smart City, Diskominfo Gelar Bimtek

Tubankab - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Website Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tuban di ruang training Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Tuban, Selasa (15/05).

Bimtek ini diikuti 20 peserta yang terdiri dari perwakilan tiga desa dan 17 kelurahan di Kecamatan Tuban. Tiga desa tersebut adalah Desa Sugiharjo, Desa Sumurgung, dan Desa Kembangbilo. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu 14-15 Mei yang dibagi menjadi 10 peserta untuk setiap harinya.

Kasi Pemberdayaan dan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Diskominfo Tuban Catur Gunawan Tri Utomo mengatakan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberikan bimbingan teknis pengaktifan dan standarisasi website desa/kelurahan.

Selain itu, lanjut Catur, Bimtek tersebut juga sebagai bentuk dukungan terhadap smart city Kabupaten Tuban, yang sesuai dengan arahan dari bupati bahwa desa dan kelurahan diharapkan mempunyai website sebagai wadah untuk sosialisasi dan transparansi informasi.

Catur juga menjelaskan terkait materi bimbingan yang diberikan kepada peserta. Para peserta masih lanjut Catur, akan mendapat bimbingan mulai dari pengertian website hingga pengaktifan website.

Catur menambahkan, para peserta juga akan dibimbing terkait cara menggunakan aplikasi front end, yaitu untuk tampilan dari website yang bisa diakses banyak orang dan aplikasi back end yang hanya bisa diakses oleh perangkat desa atau kelurahan untuk membantu proses administrasi.

Dengan adanya website desa/kelurahan, ia berharap informasi transparansi bisa sampai ke masyarakat dan juga potensi-potensi desa, serta kelurahan dapat ditampilkan melalui website. “Dan itu akan memberi efek positif terkait informasi secara keseluruhan di Kabupaten Tuban,” pungkas Catur. (tauviqurrahman/hei)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus