09 September 2019 19:54:28
Ditulis oleh Admin Desa

Menuju Tuban Paperless, Diskominfo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

Tubankab - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik, dalam rangka menuju Tuban Paperless, Selasa (04/09).

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat lantai 1 Setda Tuban tersebut dihadiri 75 peserta yang terdiri dari para staf ahli, asisten, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian (Kabag), dan camat di lingkungan Pemkab Tuban.

Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yaitu Jonathan Gethard T, S.ST., Kasi Pengelolaan Sertifikasi Elektronik, Balai Sertifikasi Elektronik, dan Andreyanto Pratama, S, Tr. TP., Pengadministrasi Umum pada Seksi Pemenuhan Teknis Sistem Sertifikasi Elektronik, Balai Sertifikasi Elektronik.

Sekda Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana MSi., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini selaras dengan tujuan dalam rangka Kabupaten Tuban menuju Smart City. Salah satu tujuan pemanfaatan sertifikat elektronik ini, dikatakan Budi, untuk efisiensi dan efektivitas teknologi dalam rangka tanda tangan secara digital. Walaupun sekarang baru tahap sosialisasi, Budi berharap agar kegiatan ini segera dapat diimplementasikan.

Namun demikian, dikatakan Budi, ketika akan mengimplementasikan tanda tangan digital ini, sebelumnya harus mempertimbangkan berbagai aspek. “Seperti, bagaimana kondisi saat ini terkait aspek efisiensi dan efektivitasnya,” jelasnya.

Budi melanjutkan, ketika nantinya akan melaksanakan tanda tangan digital secara penuh, juga harus terdapat evaluasi secara berkelanjutan. Budi menegaskan, tidak ada manfaatnya jika setelah diimplementasikan, kondisi yang ada saat ini, sama dengan ketika belum diimplementasikan.

Selain itu, Budi menambahkan, sebelumnya juga harus ada kesiapan dari jajaran pemerintahan sampai tingkat kelurahan maupun desa. “Sehingga, penggunaan tanda tangan digital di lingkungan Pemkab Tuban, dapat terlaksana secara menyeluruh,” terang Sekda.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Ir. Hery Prasetyo S. MM., dalam sambutan laporannya menjelaskan, maksud dari diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pejabat di lingkungan Pemkab Tuban akan pentingnya sertifikat elektronik, guna mencegah akses tidak sah pada data, sistem, pemalsuan data, dan kerahasiaan data.

Kegiatan ini, Hery melanjutkan, juga bertujan dalam rangka Kabupaten Tuban menuju Paperless, di mana untuk meningkatkan pemahaman bagi pejabat di lingkungan Pemkab Tuban akan pentingnya pengelolaan pengamanan data untuk diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. “Sehingga, kinerja lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Terkait materi yang akan disampaikan oleh narasumber, menurut Hery, yaitu tentang sertifikat elektronik, pentingnya sertifikat elektronik, tanda tangan digital, pemanfaatan tanda tangan digital, dan simulasi tanda tangan digital. (tauviqurrahman/hei).



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus